Cara Seru Ibu Bahagia Tanpa Bantuan Pengasuh

Tak dipungkiri, ragam kegiatan dan kebutuhan Ibu di masa sekarang tidak sesederhana Ibu-ibu di zaman ibu saya.  Ibu zaman dulu walau belum ada peralatan canggih yang membantu kerja di rumah sehari hari,  hampir semuanya mampu mengurus rumah dan anak anak tanpa perlu bantuan orang lain.  Tapi saat ini walau hampir semua pekerjaan rumah tangga sudah tersupport dengan perlengkapan canggih dan memudahkan namun masih saja banyak ibu yang merasa hidupnya kacau balau setiap hari.  Bagaimana denganmu?  Seperti itu juga kah? .

Kebetulan,  27 oktober yang lalu. Bertempat di Apartemen Chandra Kusuma,  Kamis pagi yang manis Saya diundang Blibli dot com mengikuti sebuah talkshow bagus bertema How to be a modern mom without Nanny.   Terus terang,  melihat tema yang ditawarkan saya langsung tertarik karena sebelumnya saya sudah pernah mengikuti event yang diadakan blibli dot com (baca juga : Belajar membuat video masak bersama bliblidotcom ) dan materi yang dipaparkan oleh Nara Sumber selalu berbobot.  Begitupun dengan acara ini.

Dialah Elizabeth Zennifer,  ibu muda satu anak yang memiliki jutaan follower di Instagram.  Eliz sapaan dari Mommynya david ini,  menggunakan instagramnya untuk berbagi informasi. Eliz ibu muda dan cantik ini, sempat mengalami Baby Blues saat menjalani mengasuh dan mengusahakan ASI Ekslusif untuk buah hatinya David.  Namun Eliz bangkit dan mencari sendiri solusi solusi dari pertanyaan yang muncul di benaknya baik lewat membaca artikel yang ia cari melalui mesin searching online maupun dari buku. Pengalaman pengalamannya menyelesaikan problem saat dirinya LACK OF ASI, mengurus David sendiri, membuat MPASI dan lain lain, Eliz posting dengan sangat detail dan lengkap di instagram pribadinya.  Karena detail dan teratur, postingan Eliz disukai followernya.  Apalagi yang tipe pemalu, tidak perlu banyak bertanya untuk mendapatkan informasi yang lengkap di Instagramnya Eliz.

Eliz juga ditemani oleh Ibu Karin owner dari balita kita dot com.  Ibu Karin menambahkan tips tips produk produk keperluan rumah tangga dan produk produk keamanan bayi yang cocok sekali membantu ibu modern mengurangi dan mengatur pekerjaan dalam rumah tangga sekaligus mengurangi resiko terjadinya hal hal yang tidak diinginkan terhadap balita kita.

Sebenarnya apa sih bahagia itu? kalau saya pribadi bahagia itu artinya  hidup tenang, damai, tidak ribet, dan terlaksana semua keinginan.  So simple, ya walau pasti setiap orang mempunyai kriteria berbeda dalam menentukan kebahagiaan masing masing. 2 diantara penentu kebahagiaan bagi seorang ibu diantaranya adalah Urusan Anak (Keluarga) dan urusan Rumah. Bila anak terurus dengan baik, dan rumah dalam keadaan bersih dan rapi.  Rasanya Ibu sudah pasti bahagia.

Sayangnya 2 hal tersebut tentu tidak sesederhana itu mengaturnya, tidak semua mampu melakukan multitasking ataupun mampu mengerjakan semua hal sendirian.  Beberapa pastinya menginginkan bantuan dari orang lain, baik anggota keluarga lainnya, ataupun mengambil tenaga pembantu dari luar.  Namun tidak semua orang mampu memutuskan untuk menggunakan jasa orang lain, baik pengasuh ataupun pembantu.  Boleh jadi selain tidak ada budget untuk membayar upah pekerjaan mereka, banyak juga yang tidak mudah membiarkan rumahnya diurus dan dibereskan oleh orang lain.  Saya contohnya.  Lantas bagaimana dong, supaya pekerjaan dirumah beres, kerjaan bisnis juga beres, anak anak  dan suami terurus dengan baik.  Kita tidak kelelahan.

Berikut beberapa tips yang saya kumpulkan dari pengalaman pribadi maupun orang lain.

1. Tentukan Prioritas

Ingatlah mom,  kita ini bukan robot atau superwoman yang tidak bisa letih dan tidak bisa stress.  Karena itu tentukan prioritas hal hal penting apa saja yang harus dan wajib kita dahulukan.  Berdamailah dengan rasa perfeksionis dan kesempurnaan dalam pikiran kita.  Tidak sempurna sesekali itu bukanlah suatu hal yang jelek.  Contoh Prioritas yang saya lakukan adalah misal :  cucian tidak harus selalu saya yang mencuci,  karena bisa saya delegasikan ke laundry.  Menu masakan juga tidak harus yang sangat lezat tapi ribet masaknya,  cukup yang bergizi,  enak dimakan dan mudah mengolahnya.

2. Menyusun rencana dari prioritas yang kita buat.

Walau memang tidak perlu semuanya kita lakukan,  dan tidak harus juga kita duduk santai dan membiarkan semuanya tidak dikerjakan.   Agar prioritas yang sudah kita pilih dapat diselesaikan semua.  Kita harus membuat daftar rencana atau pun list to do yang akan memudahkan kita memulai pekerjaan kita setiap harinya.

3. Kerjakan

Sesuatu yang sudah direncanakan tidak akan jadi apa apa bila tidak dikerjakan.  Kalau saya,  biasanya akan mengerjakan dari yang mudah terlebih dahulu,  mengerjakan beberapa hal bersamaan yang bisa dibarengi waktunya.  Contoh saya bisa merebus telur sambil mengisi air di bak mandi,  menggiling pakaian kotor dalam mesin cuci,  mencuci piring  dan menanak nasi dalam satu waktu.

4. Pergunakan alat dan perlengkapan yang menunjang

Beruntungnya kita mom,  hidup di masa sekarang.  Karena sudah banyak peralatan dan mesin yang diciptakan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan dalam hidup.  Seperti aneka peralatan kebersihan (vacum cleaner),  peralatan masak semacam magic com,  oven microwave,  oven toaster,  blender,  chopper dan lain lain.

5.  Jauhkan gadget agar fokus

Gadget tidak harus dimatikan,  namun jauhkan dulu dari jangkauan,  karena godaan untuk online dan ikut terlibat mengobrol seru di group maupun lini massa sangat besar.  Seringkali saya keteteran mengerjakaan pekerjaan rumah karena sibuk mengobrol di group whatsapp.

6. Siapkan lingkungan yang nyaman  di dalam rumah untuk balita kita.

Hal yang paling penting adalah bila balita kita nyaman beraktivitas dalam rumah.  Kita bisa mengerjakan aneka tugas dengan tenang.  Apalagi bila punya balita yang baru belajar berjalan dan sangat tertarik dengan benda benda disekitarnya.  Membuka dan menutup pintu,  menarik laci lemari,  memanjat manjat meja dan kursi.  Pintu,  laci,  sudut meja bisa jadi hal hal yang cukup membahayakan bagi balita kita.  Nah kebetulan dalam acara kemarin banyak dapat tips dari ibu Karlin mengenai produk baby safety dari 3 M.

Apa sih 3-M itu ?  3M adalah salah satu corporasi raksasa dari Amerika serikat yang memproduksi lebih dari 55.000 product di 65 negara.  Banyak produk 3 M sudah dikenal dan dipercaya masyarakat seperti Post-it,  Kaca Film 3 M, dan lainnya.   Sekarang 3M hadir dengan baby and child produk.  Salah satunya adalah produk baby safety yang terdiri dari aneka macam pengaman ruangan,  seperti rotating door guard,  child safety drawer and cabinet lock,  corner guard,  edge guard, floor sticker anti slip,  multi purpose lock,  corner protector dan masih banyak lagi. 

Keunggulan produk 3M ini selain sudah disertifikasi oleh SGS dan FDA,  produk 3M bebas bahan beracun,  logam berat serta BPA Free.  Selain itu fitur tiap perlengkapan baby safety 3M sudah disesuaikan dengan kebutuhan terbaru dimasa sekarang.  Sehingga balita kita dapat bermain dengan aman dan mom bisa mengerjakan tugasnya bebas dari rasa khawatir.  Untuk info lebih lanjut,  mom bisa mengunjungi ini,  3 M baby safety.

Nah mom hal hal diatas boleh mom coba praktekan,  yang pasti kita harus senantiasa tenang dan jangan panik saat melihat begitu banyak pekerjaan seorang Ibu.  Bila mom benar benar tidak sanggup mengerjakannya mom boleh istirahat dan meminta bantuan dari orang lain.   Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat ya mom.  Terima kasih blibli dot com atas undangan acaranya.  Semoga saya dapat ikut serta kembali di acara acara lainnya.

Advertisements

23 thoughts on “Cara Seru Ibu Bahagia Tanpa Bantuan Pengasuh

  1. Terima kasih banyak sharing nya mba Fika 👍👍

    Terima kasih sudah diingatkan kembali untuk lebih oke dalam mengatur waktu mba Fika. Menjadi ibu manajer keluarga yang handal memang harus terus belajar dari berbagai pengalaman orang-orang sekitar, salah satunya dari tulisan mba Fika ini.

    Terus menginspirasi ya mba ☺☺

    Like

  2. Artikelmu menyuarakan hatiku banget mba. Anakku 4 balita, tanpa art juga hehehe…
    Poin2nya bener. Krusial banget. Apalagi yg no 5. Jauhkan gadgetmu wahai ibuuu…. !
    Ga sadar sekarang lagi megang apa. Hehe…

    Like

  3. Pingback: Ini Dia Pengumuman Pemenang Kompetisi Blibli Friends Meet Up - Blibli Friends

  4. Aku pun ngga pake pengasuh dan ART dari awal nikah sampai punya anak sampe sekarang hahahaha. Kadang cape banget karena abis kerja harus beberes ini itu, tapi kepuasan tersendiri ngurus anak & printilan lainnya, plus rumah lebih bebas karena ngga ada ‘orang lain’ 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s