Tips Menyiasati Picky Eater dan Menambah Nafsu Makan ala Citrex Upin Ipin

Masih ingat tidak? ketika kita kanak kanak dahulu, dibikinkan ubi rebus untuk camilan sore hari pun pasti habis. Lauknya tempe goreng dengan sayur bobor bayam pun sudah bikin selera makan berlipat lipat. Dan es krim bagi saya itu merupakan hadiah istimewa untuk pencapaian prestasi masa kecil, dapat juara kelas hadiahnya es krim, menang lomba puisi hadiahnya es krim juga. Tapi itu dulu, sekarang banyak sekali anak anak balita hingga usia SD yang sangat pemilih makannya. Hanya menyukai jenis makanan tertentu, banyak yang tidak suka buah, apalagi sayur. Buktinya nih screenshoot banyak komentar  para ibu di status facebook saya

Lebih dari 50 orang tua yang komentar di status saya, tentang picky eater pada anaknya. Apa sih picky eater, disebut melulu hehehehe ^-^.  Picky eater adalah anak yang sulit makan atau hanya suka makanan jenis tertentu. Dan tidak mau mencoba jenis makanan lain. Wah hal ini tentu mengkhawatirkan bukan?. Bagaimana dengan asupan gizi yang diperlukan mereka dalam masa tumbuh kembangnya. Bila tidak mau makan atau hanya suka makanan jenis tertentu, tentu saja asupan gizi yang masuk menjadi terbatas. Padahal salah satu ciri anak sehat adalah makan lahap dan pertumbuhan sesuai dengan KMS (Kartu Menuju Sehat) atau agenda tumbuh kembang balita dan anak dari dokter. Bila anak masih lahap makan walau hanya makanan tertentu dan berat badannya sesuai serta tidak mudah sakit, Ibu tidak perlu terlalu khawatir. Namun bila nafsu makan anak terus menurun dan terjadi gangguan pencernaan, diikuti berat badan dibawah standart normalnya maka kita selaku orang tua harus waspada dan mencari tahu apa penyebabnya.

Bersama Kumpulan Emak Blogger Menghadiri talkshow dan launching Citrex Upin Ipin

Beberapa hari yang lalu hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2016 di Restoran Dapur Sunda Mall Of Indonesia Jakarta Utara, saya bersama beberapa teman dari kelompok emak blogger, mengikuti mini talkshow dan launching multivitamin anak Citrex UpinIpin. Di sana sudah ada 2 nara sumber yang berasal dari tenaga kesehatan yakni Dokter Gizi Klinik (Dr. Diana F Suganda, M.Kes, SpGK) dan Psikolog (Kasandra Putranto) ditemani perwakilan PT. Mega Pharmaniaga (Wan Surya Tri Dharma) mendiskusikan pentingnya asupan nutrisi pada Anak sesuai tema Talkshow “Semangat Baru di Tahun Ajaran Baru”.

Para Narasumber, DR. Diana, Psikolog Kasandra Putranto dan Wan Tri Dharma Perwakilan PT. Mega Pharmaniaga

Masalah nutrisi terjadi hampir pada seluruh kelompok umur, terutama pada anak anak. Kecukupan nutrisi sejak balita akan mempengaruhi status nutrisi pada periode berikutnya. Baca juga Cegah Alergi Sejak Dini, agar nutrisi optimal di 1000 hari awal kehidupan. Anak balita hingga usia sd 3-12 tahun merupakan kelompok umur yang rentan terhadap ketidak-cukupan gizi. Penyebabnya bisa dari alergi yang menyebabkan picky eater, pola makan yang kurang sehat sehingga asupan gizi tidak seimbang, gangguan pencernaan dan lain lain. Kebetulan saya berkesempatan menanyakan tentang cara mengatasi anak anak yang picky eater kepada Dr. Diana F. Suganda, beliau memberikan jawaban sebagai berikut (ada dalam video dibawah ini).

Dr. Diana menginfokan, salah satu penyebab picky eater adalah kebiasaan makan yang kurang sehat yang diturunkan orang tua ke anak. Contohnya ibu yang tidak menyukai sayur dan buah, berkemungkinan memiliki anak yang juga tidak menyukai sayur dan buah yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Padahal vitamin merupakan molekul organik multifungsi.  Vitamin meski hanya dibutuhkan sedikit saja  namun penting untuk melengkapi karbohidrat, protein, mineral dll dalam memperlancar proses pertumbuhan serta membangun system kekebalan tubuh. Beberapa vitamin bisa disimpan dalam tubuh kita, namun beberapa vitamin lainnya harus disuplai dari bahan pangan yang kita konsumsi karena tidak disimpan oleh tubuh sebagai cadangan, diantaranya Vitamin C dan B complex karena larut air, vitamin jenis ini akan dibuang bersama urin.  Vitamin C  bekerja sebagai antioksidan dan turut mendukung sistem imun, sedangkan vitamin B Complex berfungsi sebagai kofaktor yang berperan meningkatkan kerja enzim.  Terbayang kan, bila anak anak kita dalam masa pertumbuhan kekurangan vitamin ? Anak anak yang mempunyai aktivitas super aktif mereka sangat memerlukan vitamin, agar tumbuh cerdas, kuat, dan tidak mudah sakit.

Dari berbagai tips yang sudah sering dipaparkan, saya ingin menambahkan beberapa tips yang didapat dari mengikuti talkshow ini,  yang mungkin bisa dipraktekkan oleh orang tua untuk anak anak yang picky eater. Diantaranya sebagai berikut

1. Cari tahu penyebab utama anak pikcy eater, apa dari alergi? Makanan yang kurang variatif? Masakan yang tidak sesuai selera anak? Dan lain lain. Perbaiki sesuai permasalahan.

2. Perkenalkan anak dengan beragam makanan sejak usia dini, termasuk diantaranya buah dan sayuran. Jangan lupa orang tua juga harus mencontohkan makan terlebih dahulu.

3. Selalu pantau status gizi anak melalui Kartu Menuju Sehat. Segera konsultasi ke tenaga kesehatan (dokter/ahli gizi dll) bila berat badan anak jauh dari standart normal usia mereka.

4. Sajikan makanan secara variatif dan menarik untuk anak anak, bila sayur dan buah menjadi salah satu yang tidak disukai anak, berikan dengan cara diselipkan pada makanan yang anak suka, misal membuat es krim dengan potongan cacahan buah.  membuat es loly dengan juice sayur dan buah. Membuat puding dengan aneka buah. atau membuat potongan buah yang dicelup kedalam coklat. Membuat nugget dengan isian sayuran, nugget sayur yang dibentuk seperti paha ayam goreng dan lain lain.

5. Mengganti makanan (biasanya karbohidrat) dengan makanan sejenis yang disukai anak, contoh nasi dengan roti, atau kentang dan umbi umbian.

6. Sebaiknya makan dalam suasana kekeluargaan yang hangat, makan di bersama keluarga atau bisa juga bersama teman teman sebayanya.

7. Bila diperlukan dapat memberi multivitamin tambahan yang mengandung vitamin B complexs dan lysin sebagai penambah nafsu makan.

Berbicara tentang multivitamin, saya mau memperkenalkan Citrex Upin Ipin multivitamin anak dengan rasa yang enak yang kemarin dilaunching berbarengan dengan mini talkshow ini.  Apa sih Citrex itu? kok ada upin ipinnya pula?. Citrex Upin Ipin adalah brand produk kebugaran anak anak yang diproduksi oleh PT. Mega Pharmaniaga. Setelah 2 tahun yang lalu sukses dengan pasta Gigi Upin dan Ipin, kali ini menawarkan alternatif suplemen makanan anak anak multivitamin Citrex Upin Ipin yang terdiri dalam tiga varian, Citrex Upin Ipin Vitamin C orange 100mg, citrex upin & ipin vitamin c Blackcurrant 100mg dan Citrex vitamin BCO + lysine rasa chocolate.  Dikemas dalam botol kaca berisi 30 tablet hisap, Citrex Upin Ipin pasti disukai anak anak.

3 Varian Vitamin Citrex Upin Ipin

Keunggulan produk ini, dosisnya tepat dan cukup untuk kebutuhan harian anak, sehingga aman dikonsumsi, tidak menyebabkan asam dan perih di lambung, serta aman bagi organ ginjal. Vitamin C dalam produk Citrex Upin Ipin mampu mempercepat proses penyembuhan luka, dan gejala demam flu. Selain itu vitamin BCO + lysine Citrex Upin Ipin mengandung komposisi lengkap vit B1, B6, dan B12 yang akan menjaga anak anak tetap sehat berenergi, serta kandungan lysine memperbaiki selera makan anak. Seperti filosofi nama Upin Ipin, PT. Mega Pharmaniaga berharap anak anak Indonesia akan ceria, sehat, cerdas, aktif, penuh semangat seperti Upin dan Ipin. Jangan khawatir produk ini telah tersedia di apotik apotik terdekat di kotamu. Semoga dengan adanya multivitamin Citrex Upin Ipin, menjadi solusi kebugaran  anak anak kita yang aktif beraktivitas baik bermain dan sekolah.  Makanan dan pola makan yang sehat awal kehidupan yang sehat, anak anak yang sehat awal masa depan yang gemilang.  Setujuuuuuuuu kan??

Vitamin Citrex Upin Ipin Rasa BlackCurrant

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah ini. Bila bermanfaat please feel free to share ^^ semoga semua anak anak kita bebas dari picky eater.  Sampai bertemu di posgingan berikutnya.

Advertisements

9 thoughts on “Tips Menyiasati Picky Eater dan Menambah Nafsu Makan ala Citrex Upin Ipin

  1. Anak saya picky eater Mba. Padahal orang tuanya dua2nya pemakan segala. Slh satu yg saya lakukan supaya sayur masuk ke anak adalah mendampingi dia ketika makan. Saya juga kasih reward ke dia. Kalo mau makan sayur hari ini dan habisin makanan yg udah diambilkan saya kasih dia makanan kesukaannya di penghujung hari, misal sosis Upin Ipin (lah Upin Ipin lagi hehe). Alhamdulillah cukup berhasil. Tp gak tau deh bagus gak cara seperti itu ๐Ÿ˜€ tapi kalo penambahan suplemen sih tetep sy lakukan, untuk lebih menjamin kecukupan nutrisinya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s