Yuk Bikin Video Masak Sendiri

  Whaaaaaaaaat?! bikin video?, foto aja belum lurus nih, kadang nge-blur, kadang terlalu gelap, itu sih yang kupikirkan pertama kali saat melihat Flyer Undangan Workshop cooking and video blogging dari Bliblidotcom  yang diposting Makmin (KEB) Kumpulan Emak Emak Blogger. Kenapa tidak ??? ini kesempatan baik, mumpung ada yang mau memberi ilmu gratis,  ya saya IKUT dong. Nah sesuai tagline dari KEB itu sendiri  “Inspirasi perempuan, kami ada untuk berbagi” InsyaAllah saya juga akan berbagi ilmu yang saya dapatkan dari Workshop hari Jumat 17 Juni 2016 yang lalu.  Disimak ya pembaca tersayang.

   Acara yang diadakan di Modena Experience Center ini terselenggara atas kerjasama dari bliblidotcom, dan  Kokiku TV sebagai pengisi materi dalam workshop ini. Registrasi dimulai pukul 15.00, kebetulan saya datang 30 menit lebih awal. Ada sekitar 30 Food Blogger yang ikut workshop ini, tidak hanya emak emak, beberapa diantara kami ada juga yang masih lajang, dan juga laki laki.

image

     Supaya tidak terjadi  perumpaan berikut ” Tak Kenal Maka Tak Sayang.  Maka masing masing perwakilan dari penyelenggara  #BlibliFriendsMeetUp ,  memberikan sedikit informasi mengenai alasan  acara keren ini diadakan.  Ibu Lani perwakilan dari bliblidotcom sharring informasi mengenai  apa sih Bliblidotcom itu. Pasti pada tahu kan ? itu loh salah satu pelopor online shopping mall, yang berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, dimana saja, dan kapan saja. Sedangkan dari  Modena Experience Center diwakilkan oleh Mb Echi, yang menekankan bahwa MODENA tidak hanya memberi kesan menyenangkan saat memasak tapi juga peralatan rumah tangga yang elegan sekaligus berkualitas tinggi. Sedangkan dari KOKIKU tv diwakili oleh mas Tama dan Arnold yang akan mengajari kami shooting video live dengan penampilan dari Master Chef Lucky Andreono yang mempraktekkan resep semur daging.

image

   Sebelum masuk ke pemaparan materi, check dulu yuk Video Shooting saya berikut ini, yang kami rekam saat ikut memasak langsung semur daging dan merekamnya di dapur MODENA saat itu.

   Sudah klik? sudah menonton? bagaimana? belum  puas ya? belum menarik? jadi belum subscribe nih?. Ya sudah ga papa kok. Itu video shooting dan editing saya yang perdana, nanti bila sudah lebih banyak dan lebih baik, disubscribe loh ya.  Sekarang yuk disimak tulisan dibawah ini supaya kita bisa belajar bagaimana sih membuat video shooting  sendiri.

   Woke, berdasarkan yang disampaikan oleh Mas Tama dan Arnold, untuk membuat video shooting memerlukan beberapa tahapan yang wajib kita ketahui. Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi mendorong juga perkembangan life style, diantaranya menjamurnya youtuber influence atau munculnya banyak vlogger. Kokiku Tv sendiri sudah ada sejak 2013 dan sekarang memiliki 104.946 subscribers dan sudah menayangkan 496 video masak (Terhitung tgl 26/06/2016). Terbukti kan kalau video video tersebut sangat prospek dan diminati

.

   Video diatas mencontohkan video masak yang hanya menggunakan smarphone sebagai alat shottingnya. Ini berarti kita bisa membuat video masak sendiri hanya berbekal kamera smartphone, namun lebih disarankan menggunakan kamera, dan DLSR untuk hasil yang lebih profesional. Bagaimana sih step by step shooting  pembuatan video masak, dan apa saja yang harus diperhatikan?, garis besarnya adalah berikut ini.

1. Opening

   Opening yang dimaksud adalah berupa greeting atau salam pembuka atau perkenalan sekilas tentang siapa yang memasak (bila video menampilkan sosok yang memasak), namun bisa juga berupa pengenalan bahan bahan yang dipergunakan untuk memasak (bila video tidak menampilkan sosok yang memasak). Opening yang baik akan menarik perhatian penonton untuk melanjutkan menonton video lebih lanjut.

Berikut contoh greeting yang dicontohkan oleh chef Lucky Andreono saat workshop berlangsung

2. Proses Memasak

   Proses memasak yang bisa diambil dan merupakan bagian penting dari sebuah video memasak adalah, proses mengiris atau memblender bumbu. Proses menyalakan alat masak (kompor/oven), proses menumis, merebus, menggoreng.  Akan lebih baik bila proses tersebut terlihat sangat nyata dan close up. serta tak lupa audio proses tersebut terdengar nyata (contoh suara minyak saat menggoreng, bunyi oven/microwave setelah kue selesai dipanggang, bunyi kompor yang dinyalakan dll).

3. Proses Mencicipi

   Proses ini penting sekali untuk dilakukan, karena dapat membuat penonton merasa yakin, bahwa masakan yang ditampilan layak untuk dipraktekkan dirumah. Apalagi bila yang memasak, menunjukkan rasa puas setelah menikmati makanan yang ia masak. Sayang sekali kemarin kami memasak saat masih berpuasa, dan saya tidak sempat mengambil bagian video saat proses mencicipi.

4. Proses Penyajian/Platting

   Penyajian makanan setelah dimasak merupakan salah satu bagian yang disukai penonton, dan juga dapat menarik minat penonton untuk mempraktekkan resep masakan karena melihat hasil masakan. Sajikan sebaik mungkin dengan menggunakan wadah makanan dengan warna warna aman, sehingga menunjang penampilan akhir dari sebuah masakan, jangan lupa padu padan warnanya

5. Penutup

   Penutup video, bisa digabung dengan saat penyajian makanan, atau boleh juga dengan salam penutup atau suntingan resep.

Nah 5 hal diatas merupakan beberapa bagian penting dari sebuah proses shooting video masak, dan berikut ini tips serta trik yang bisa kita ikuti supaya video masak kita makin menarik dan bagus.

*Gunakan wadah/bowl dan peralatan masak yang bersih dan cantik agar tampilan bahan/ proses memasak semakin menarik

*Bila tidak ada yang membantu dalam proses shotting, gunakan alat bantu seperti tripod HP, menggantung HP di langit langit menggunakan hanger dan penjempit.

Contoh Alat yang dapat digunakan untuk proses pengambilan gambar

Contoh Alat yang dapat digunakan untuk proses pengambilan gambar

* Pencahayaan tidak kalah penting, gunakan spot yang memiliki sumber pencahayaan yang baik (lampu, sinar matahari) agar hasil shooting jelas dan bersih.

*Ambil video dalam suasana yang sepi/tidak ramai sehingga suara saat proses memasak terdengar jelas. Bila terlanjur mendapat gangguan seperti dalam video saya diatas yang terlalu ramai. maka bisa diedit nanti saat proses editing.

*Shoot bahan bahan yang dipergunakan 3-5 detik per bahan, dan gunakan bahan yang cukup banyak (lebih dari porsi yang ditampilkan) agar proses memasak menjadi lebih “terlihat”

*Shoot proses memasak bisa dilakukan sekaligus atau perbagian dan nanti akan disatukan di proses editing.

*Pastikan memory smartphone kita aman untuk mengambil rekaman video.

   Setelah semua proses memasak kita rekam, saatnya proses editing.  Bila kamu tidak bisa mengedit secara profesional, berikut adalah applikasi rekomendasi di smartphone yang bisa kita download untuk proses editing, seperti kine master (android) yang saya gunakan, bisa juga menggunakan Imovie (Iphone), Splice (Iphone). proses editing ini sangat penting sekali, agar dapat membuat tampilan video kita menjadi menarik, menyisipkan keterangan atau tulisan yang diperlukan, mengurangi suara yang mengganggu, menambahkan musik, menyatukan tiap proses shoot, sehingga membentuk sebuah video masak yang berdurasi 3-5 menit namun menampilkan semua proses penting dalam memasak.

   Bila proses editing selesai, saatnya menggunggah video masak kita ke dalam YOUTUBE. Tentu saja kamu harus membuat akunnya terlebih dahulu. Berikut beberapa saran penting dari KOKIKU TV agar channel youtube kita menarik orang untuk subscribe dan tentu saja dalam jangka panjang channel youtube kita dapat menghasilkan pundi pundi uang.

10 Saran Penting sukses jadi  FOOD Vlogger 

1. Konsisten dengan tema, bila kita mau menjadi Food Vlogger, maka isilah konten youtube kita dengan video video yang berhubungan dengan masak memasak atau makanan.

2. Agar terhindar dari sweeping youtube karena menggunakan music yang tidak sesuai dengan licensi mereka, gunakan musik musik yang aman, bukan musik musik top chart. Karena sayang sekali bila viewersnya banyak namun video tersebut didelete/tidak dapat ditayangkan oleh youtube.

3. Ikuti trend yang sedang hits atau disukai oleh banyak penonton contoh seperti masakan dengan bahan ayam, olahan mie, kreasi martabak dll.

4. Gunakan tagging, deskripsi, serta judul yang tepat, agar subscriber mudah mencari video masak kita.

5. Gunakan tag atau keyword yang sesuai dengan judul resep, dan hindari tag yang tidak sesuai. Agar subscriber tidak merasa dibohongi dan memberi tanda dislike di channel youtube kita.

6. Buatlah playlist sesuai tema content youtube kita, agar penonton bisa menonton secara runut. Nah dalam 1 kali proses shoot video masak, kita bisa membuatnya jadi beberapa video yang berbeda. Contoh Semur daging, bisa kita jadikan video memasak semur daging, bisa jadi video cara mempresto daging, bisa jadi video tips memilih dan memotong daging untuk semur.

7.  Konsistensi kualitas video juga sangat penting loh guys, termasuk konsistensi mengupload video ke dalam channel youtubemu.  Minimal 1 video per minggu, agar subscribermu tidak menghilang, karena channel youtubenya kelamaan tidak di update.

8.  Kolaborasi dengan youtuber lain, juga dapat menambah post content dan subscriber loh. Karena belum tentu subscriber temen kita itu telah menonton channel youtube kita. Lumayan kan?

9. Interaksi dgn subscriber juga sangat penting supaya mereka setia menunggu content baru di channel youtube kita, selain itu kita bisa mendapat ide baru memasak dari request subscriber kita.

10. Untuk mendapatkan view terbaik tiap pekan, sebaiknya video di upload setiap senin pagi dan jumat sore ya guys.

image

   Gambar diatas adalah salah satu contoh channel youtuber dari KOKIKU TV, tema yang sesuai, penampilan dan template yang menarik.  Dapat menarik penonton menyukai channel youtube kita dan sukarela menjadi subscriber. Senang sekali rasanya telah ikut masak langsung sekaligus belajar shooting video masak dari acara #BlibliMeetUpFriends bersama Bliblidotcom, Kokiku TV dan Modena Experience Centre.  Semoga kedapannya, ada lanjutannya plus makin banyak acara serupa.  Dan ilmu yang telah dibagi oleh Kokiku Tv bermanfaat bagi kita semua yang kepingin menjadi Food Vlogger di Youtube.  Bila ada pertanyaan dan ingin mendiskusikan sesuatu, jangan sungkan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah.  Terima kasih Banyak dan sampai bertemu di postingan saya berikutnya.

image

Advertisements

5 thoughts on “Yuk Bikin Video Masak Sendiri

  1. Bagus, Fik. Kita memang gak boleh berhenti belajar. Sekarang, belajar membuat & mengedit video. Besok2, entah belajar apa lagi. Yg penting, terus meningkatkan kemampuan diri, dan membuat kita membawa manfaat lebih buat lingkungan di sekitar kita.

    Like

  2. Pingback: Cara Seru Ibu Bahagia Tanpa Bantuan Pengasuh | Aisyah FIchapucino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s