Jangan Salah Transfer

Sebagai pemilik rekening bank dengan awal A pada nama pemilik. Menjadikan rekening bank suamiku sering kali menerima salah transfer.  Beragam nominalnya, dari yg cuma 30ribu hingga yg bernilai jutaan, dan itu hampir tiap bulan. Rata rata pelakunya adalah beberapa teman temanku dan orang orang yang pernah bertransaksi via m-banking di Osku.

Akan menyenangkan bila salah transfer tadi tidak diambil lagi, diikhlaskan gitu loh. Duh aku mimpi deh. Sayangnya dari beberapa yang sudah salah transfer, melakukan hal hal menjengkelkan berikut.

1. Bawel dan minta refund segera. padahal saat itu kami sebagai pemilik rekening sedang sibuk dan sedang tidak bisa merefund segera.  type manusia seperti ini sungguh tidak manusiawi, yang salah transfer siapa? yang menyuruh transfer ke rekening kami siapa?

2. Langsung melapor ke bank dan meminta blokir rekening kami. Pokoknya entah apa yang mereka lakukan rekening kami pun sempat dibekukan senilai uang yg mereka transfer. Loh loh loh jadi kami menjadi repot karena harus melapor ke bank. agar dibukakan blokiran Dana tersebut supaya bisa direfund ke si pemilik salah transfer. Tahu kan berapa banyak waktu dan tenaga yang terbuang. apalagi bank itu hanya buka pada jam kerja. artinya suamiku yang pekerja pun harus cuti kerja.

3. kami pengguna m-banking, dan tiap transaksi menggunakan m-banking selain mengeluarkan sejumlah data internet juga mengeluarkan pulsa untuk SMS notifikasi. nah kebayangkan berapa SMS yang sudah keluar ketika selalu refund uang orang salah transfer.  Sebenarnya tidak mengapa, bila ditotal pun tidak sampai ratusan ribu cuma rasanya sebal bila harus melakukannya tiap saat.

Nah untuk mencegah hal hal diatas, berikut tips yang teman teman bisa lakukan bila menggunakan m-banking agar tidak sering salah transfer.

1. Salah transfer itu salah satu penyebabnya  adalah kita tidak fokus ketika memasukkan no rekening tujuan. Jadi, tulislah no rekening tujuan besar besar di kertas dan baca berulang Kali sebelum menekan dan memasukkan password

2. Simpan no rekening di daftar transfer. hanya dengan nomor dan pemilik yang kita kenal, terutama Untuk list di daftar nama paling atas.

3. Hapus no rekening yang tidak familiar, di daftar transfer dan belum tentu kita akan transfer di lain waktu

4. Gunakanlah m banking dalam kondisi tidak mengantuk, tidak sedang galau dan di ruangan dengan cahaya yang memadai (terang) agar ketika membuka m-banking, jempol tidak salah pilih.

5. bila masih salah transfer, jangan panik. ingatlah siapa pemilik rekening tersebut, anda pasti pernah men transfer ke rekening itu sebelumnya.  Coba check di catatan keuangan anda (kalau saya sih punya)

6. hubungi orang tersebut dan minta tolong baik baik. jangan lupa ucapkan terima kasih setelah uang anda direfund.
image

Intinya adalah hati hatilah dan teliti sebelum memilih no rekening yang akan ditransfer ketika menggunakan m banking.  Kalau orangnya kita kenal or terkenal macam aku ini ya enak, uang kamu pasti dikembalikan. Tapi kalau no rekeningnya Tidak kamu kenal dan juga Tidak terkenal, wah siap siap segera telpon halo bca dan minta blokir segera.

Baiklah demikian sharing kali ini, mohon maaf bila ada yang kurang sesuai di hati.  Ambil yang baik tinggalkan yang buruk.  Selamat berakhir pekan dan sampai jumpa di postingan berikutnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s