Malam Penghargaan Nugrah Jasadharma Pustaloka

Saya sering menonton live malam pemilihan ajang putri putrian di Indonesia, namun semalam tanggal 12 September 2017 bertempat di Balai Sarbini Jakarta, menjadi sebuah pengalaman terbaru bagi saya pribadi. Karena yang saya hadiri adalah malam penghargaan tertinggi bagi insan pejuang literasi di Indonesia, yakni Para pustakawan, penulis buku, media massa, birokrasi, tokoh masyarakat dan politisi yang berjasa meningkatkan minat baca di Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh bapak Drs Syarif Bando MM ” Betapa pentingnya perpustakaan, Betapa pentingnya buku, dan betapa pentingnya membaca bagi Rakyat Indonesia”. Sehingga berdasarkan UU perpustakaan no 43 tahun 2007, mendorong peningkatan fungsi perpustakaan dan juga peran serta pustakawan itu sendiri. Bila dulu pustakawan hanya bertugas menyimpan dan mencari buku sebanyak banyaknya. Sekarang pustawakan juga bergerak aktif mencari orang orang yang akan membaca atau memanfaatkan buku buku di perpustakaan.

Dalam acara ini banyak sekali pengumuman beberapa kategori penghargaan. Acara berlangsung sangat meriah, karena juga diselingi hiburan artis ibukota antara lain, project pop, the dance company, dan Gita Gutawa. Turut hadir juga senior jurnalis Indonesia Putra Nababan, serta duta baca buku Indonesia Nazwa Shihab.

Acara dibuka dengan menyaksikan video animasi metamorfosis perpustakaan dan dunia literasi dari tahun ke tahun, ditayangkan pula beberapa kutipan tokoh pahlawan nasional yang berjuang dibidang pendidikan dan literasi seperti ki hajar dewantara dan Ra. Kartini. Juga ditampilkan testimoni dan pesan kesan dari tokoh politisi dan birokrasi Indonesia, seperti testimoni ibu Sri Mulyani, bapak Rhenald Kasali, serta Presiden ke 3 RI. Burhanudin Jusuf Habibie, mengenai pentingnya membaca.

Saya sangat terkesan dengan testimoni bapak BJ. Habibie, buku favorit Pak Habibie adalah buku buku di bidang fisika, Matematika yang berbahasa Jerman, Rusia dan bukunya selalu tebal. Menurut Pak BJ Habibie, ilmu dari Einsteint bisa diteruskan dan dikembangkan karena Einstein menuliskan ilmunya dan orang orang belajar melalui buku tersebut. Nah kalau kamu mau mengikat ilmu, maka ikatlah melalui tulisan.

Nugrah Jasadharma Pustaloka ini adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah di bidang perpustakaan. Diberikan kepada mereka yang telah berdedikasi dalam mengembangkan perpustakaan dan budaya baca di Indonesia. Ada 6 kategori yang diberikan dalam penghargaan Nugrah Jasadharma Pustaloka ini dan 4 pemenang perlombaan yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia.  Berikut adalah para penerima penghargaan ini, dan pemenang lomba

1. Penerima Lifetime Achievment

Doktor lulusan Amerika Serikat yang mengabdikan dirinya di perpustakaan kementrian pertanian Republik Indonesia.  Bapak DR. Prabowo Tjiptropranoto.

2. Kategori Tokoh Masyarakat/Birokrat 

  1. Dr. Tgh. M. Zainul Majdi, MA ( Gubernur Nusa Tenggara Barat )
  2. Abdul Faris Umlati ( Bupati Raja Ampat, Papua Barat )
  3. Gusmal SE, MM ( Bupati Solok, Sumatera Barat )

3. Kategori Media Massa

  1.   Jawa Pos
  2.   Kedaulatan Rakyat

4.  Kategori Pelestari Naskah Kuno 

  1. Perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran, Surakarta
  2. Bapak Nana Suryana, Situs Kabuyutan Ciburuy – Garut, Jawa Barat

5.  Kategori Masyarakat dan Pustawakan terbaik

  1. Amrin SH – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Plus Mas Raden, Provinsi  Sumatra Utara.
  2. Nanang Sujatmiko – Perpustakaan Kerai Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  3. Alfiantunnur – Taman Bacaan Masyarajat (TBM) Ar Rasyiid Aceh Besar, Provinsi Daerah Istizainul Majdi, MA (mewa Aceh.
  4. Iffa Suraiya – Bait Kata Library (BKL) Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.
  5. Fachrul Alamsyah – Gubuku Baca Lentera Negeri Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur
  6. Brigadir Hudson Siahaan – Perpustakaan Mini Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam, Polres Sangau Kalimantan Barat.
  7. Brigadir Al Muhalid – Perpustakaan Mini Bhabinkamtibmas Polres Buton, Sulawesi Tenggara


6.  Kategori Buku Pustaka Terbaik

Serta pengumuman 4 Pemenang Lomba lainnya yakni

1.  Lomba Bercerita tingkat SD/MI
2.  Lomba Perpustakaan tingkat SLTA
3. Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan
4. Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik

Bapak Drs, Syarif Bando, MM Kepala perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan pesan bahwasanya jangan merasa kecil dengan predikat literasi yang rendah di Indonesia, sebenarnya minat baca rakyat Indonesia itu sudah cukup tinggi, hanya saja penyebaran fasilitas dan buku di Indonesia belum merata.  Di pulau jawa dan sebagian di pulau sumatera seperti Medan, Palembang fasilitas yang mendukung pengembangan minat baca ini sudah lebih dari 70%. Namun belum di Indonesia wilayah lain. Karena itulah mulai saat ini diharapkan kita semua dapat saling mengisi, saling berbagi informasi bahu membahu untuk memastikan bahan bacaan sampai kepada masyarakat kita.  Ayo rajin baca buku, karena buku adalah gudang ilmu.  Ayo ke perpustakaan.

 

Advertisements

Memanfaatkan Fitur Wakaf pada Asuransi Syariah

wakafmelaluiasuransi

4 Adik dan Almh Ibu, menghadiri wisuda saya

Sebenarnya sedih menceritakan ini, namun aku ingin semua orang dapat mengambil hikmahnya. Bapak meninggal 3 hari setelah pengumuman umptnku. Beliau khusnul khotimah meninggal usai jadi imam sholat shubuh. Tidak banyak harta yang beliau tinggalkan, hanya tersisa 1,5 juta rupiah di rekening, kata Bapak itu uang persiapanku masuk kuliah. Jujur waktu itu rasanya menyerah mau kuliah. Dana darimana? Namun beberapa hari kemudian, ditemani adik bapakku, aku memutuskan daftar ulang. Biaya daftar ulang, uang spp semester pertama dan biaya lainnya sebesar 1,3 juta rupiah. Entah datang dari mana dua kakak senior mendekatiku dan mereka menyuruhku mengisi aplikasi beasiswa. Kata mereka itu khusus untuk mahasiswa tidak mampu. Kemudian Tanteku cerita saat aku sedang check kesehatan. Dua orang senior tersebut tidak sengaja duduk di sebelah tante. Dan tanpa disengaja pula mengalir cerita bahwa beberapa hari yang lalu keponakannya ini baru saja kehilangan kepala keluarganya. Dan keponakannya ini cukup berprestasi. Singkat cerita aku mendapatkan beasiswa masuk tersebut, semua uang masuk kuliah ditanggung mereka. Dan tidak hanya itu kalau indeks prestasi Semesterku mencapai tiga mereka akan rekomendasikan aku ikut tes beasiswa selanjutnya. Siapa mereka?

Mereka adalah mahasiswa tingkat akhir yang kebetulan membantu salah satu lembaga amil zakat mencari mahasiswa muslim berprestasi yang perlu dibantu secara financial. Aku salah satu yang beruntung. Kebetulan pula aku lulus tes tertulis dan wawancara yang LAZ Ini adakan. Uang beasiswa satu bulan setara dengan uang spp satu semester. Tentu saja hal ini sangat membantu mahasiswa miskin sepertiku. apalagi adikku banyak dan semua sekolah. setidaknya ibu tidak perlu pusing memikirkan biaya dan ongkos kuliah. Alhamdulillah.

Tahukah teman dari mana dana yang dikelola tadi didapatkan? dana tersebut adalah dana ZISWAF (Zakat, Infak, Shodaqoh dan wakaf) yang didapatkan dari santunan para muzzaki. Dana tersebut dikelola agar bermanfaat lebih luas, salah satunya dengan program seperti ini. Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang tahu tentang manfaat zakat, tapi apakah teman teman tahu manfaat wakaf?. Nah saya akan menceritakan mengenai wakaf lebih jelas lagi di paragraf berikut ini

TENTANG WAKAF

Wakaf atau wagf berasal dari bahasa arab, yakni berarti menahan atau berhenti atau berdiam di tempat atau tetap berdiri. Wakaf dalam istilah fiqih adalah memindahkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan yang memberi manfaat bagi masyarakat. (Mujieb, 2002).

Sebagai mantan Amil Zakat di dua Lembaga Zakat Nasional, saya cukup familiar dengan urusan Zakat, Infaq Shodaqoh dan Wakaf.  Ummat muslim di Indonesia pun sudah cukup familiar dengan ZIS, apalagi potensi ZIS ditahun 2017 ini menurut riset Economic Estimation and Determinations of Zakat Potential in Indonesia yang dilakukan oleh IPB, BAZNAS dan IDB. Potensi ZIS adalah sebesar 217 Triliun.  Walau serapan realisasinya masih sekitar 1 persen.  Angka tersebut diluar potensi Wakaf, baik wakaf tanah maupun wakaf produktif. Serapan potensi wakaf yang belum tinggi diakibatkan karena kurang utuhnya pemahaman para nadzir yang tidak dinaungi Lembaga profesional (Pengurus wakaf) masih banyak berkarakter tradisional dan kurang profesional ) serta kurangnya literasi tentang kemanfaatan Wakaf itu sendiri bagi berkembangnya ekonomi ummat, wakaf yang berkembang di Indonesia masih seputar wakaf Aset, bukan wakaf produktif, sehingga kemanfaatannya belum optimal. Selain itu belum banyak Ummat muslim yang melengkapi ZISnya dengan berwakaf. Padahal Wakaf tidak sekedar memberikan manfaat sosial, namun juga harusnya memberikan manfaat sosialpreunership.  Bahkan harta benda yang bisa diwakafkan tidak terbatas hanya tanah dan bangunan saja. Setidaknya ada 3 jenis harta benda wakaf yakni.

1. Benda Tidak Bergerak (Tanah, Bangunan, dll)
2. Benda Bergerak Selain Uang ( Surat berharga, Hak Sewa, Hak HAKI dll)
3. Benda Bergerak berupa Uang atau Logam Mulia dan kendaraan.

Mengingat nilai tanah dan bangunan di masa sekarang cukup tinggi, dan tidak semua muslim memiliki dan mampu memberikan wakaf diatasnnya.  Maka Wakaf Produktif berupa harta benda wakaf bergerak, yakni uang.  Paling cocok bila dilakukan saat ini. Tantangan berikutnya untuk masyarakat urban yang ingin serba instant dan cepat. Wakaf produktif bisa menjadi salah satu solusi untuk kemajuan perekonomian ummat. Setidaknya setiap orang pernah minimal sekali berwakaf dalam seumur hidupnya.

Bagaimana Kalau Berwakaf Melalui Asuransi?

Sayangnya belum banyak yang mendapatkan informasi mengenai berwakaf melalui asuransi.  Jangankan itu, tingkat kepemilikan asuransi di Indonesiapun masih rendah.  Untuk itu Sunlife Indonesia, salah satu Organisasi Jasa Keuangan terpercaya sejak 150 tahun lalu, berpusat di Kanada.  Meluncurkan salah satu produk di bidang asuransi syariah.  Yakni manfaat wakaf pada polis produk asuransi jiwa syariah, yang telah diluncurkan sejak 14 Agustus 2017 yang lalu.

Langkah Sunlife dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah tentu saja didukung oleh DSN MUI. Dukungan itu melalui Fatwa DSN MUI no 106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah. Fitur tersebut merupakan suatu terobosan yang dilakukan oleh sunlife syariah, sebagai produk asuransi jiwa yang pertama di Indonesia menggabungkan dengan manfaat wakaf.

Merunut pada Fatwa DSN MUI tersebut ada 3 hal penting yang menjadi benang merah, fitur wakaf pada asuransi syariah. Yakni sebagai berikut

1. Ketentuan Wakaf Manfaat Asuransi
a.  Pihak yang ditunjuk untuk menerima manfaat asuransi menyatakan janji yang mengikat untuk mewakafkan manfaat asuransi
b. Manfaat asuransi yang boleh diwakafkan paling banyak 45% dari total manfaat asuransi
c. Semua calon penerima manfaat asuransi yang ditunjuk atau penggantinya menyatakan persetujuan dan kesepakatannya dan
d. Ikrar wakaf dilaksanakan setelah manfaat asuransi secara prinsip sudah menjadi hak pihak yang ditunjuk atau penggantinya
2. Ketentuan Wakaf Investasi
a. Manfaat Investasi boleh diwakafkan oleh peserta Asuransi
b. Kadar jumlah manfaat investasi yang boleh diwakafkan paling banyak 1/3 dari total kekayaan dan/atau tirkah kecuali disepakati lain oleh semua ahli waris.
3. Ketentuan Ujrah terkait produk wakaf.
a.  Ujrah tahun pertama paling banyak 45% dari kontribusi reguler
b.  Akumulasi ujrah tahun berikutnya paling banyak 50% dari kontribusi Reguler.

Sudah jelaskan kenapa wakaf itu bermanfaat dan perlu dukungan kita semua. Semisalnya kita belum bisa memberikan wakaf produktif disaat masih hidup. Manfaatkan saja wakaf dari polis asuransi jiwa syariah.  Manfaat asuransinya dapat, karena ada yang dapat ditinggalkan untuk ahli waris, manfaat wakaf untuk amal jariyah diri kita pribadi pun dapat.  Untuk ini, Sunlife syariah memberikan kemudahan bagi siapa saja yang menginginkan manfaat wakaf dalam produk asuransi yang dipilih. Dimana produk yang ditawarkan oleh sunlife syariah ini sangat aman dan mudah. Berikut cara mengakses fitur wakaf melalui asuransi syariah sunlife.

1. Mengisi SPAJ syariah, mencantumkan nama penerima manfaat, lembaga wakaf dan serta presentasi jumlah yang akan diwakafkan.

2. Mengisi Surat perjanjian ikrar wakaf

3. Peserta mengisi ikrar wakaf  dari manfaat investasi

4. Penerima Manfaat/ ahli waris asuransi melakukan ikrar wakaf untuk manfaat asuransi dan manfaat investasi setelah peserta asuransi meninggal dunia.

5. Sunlife melakukan konfirmasi bayar klaim kepada ahli waris

6.  Sunlife membayarkan klaim kepada ahli waris dan nazhir

7. Ahli waris memberikan konfirmasi penerimaan dana wakaf kepada nazhir

8 Nazhir menerima konfirmasi dari ahli waris dan melakukan ikrar wakaf.

9 Nazhir mengirimkan sertifikat wakaf ke ahli waris.

As simple as that bukan?, sesungguhnya harta yang benar benar menjadi milik kita adalah harta yang dibelanjakan di jalan Allah melalui zakat, infak, shodaqoh dan wakaf.
wakaf sebagai salah satu amal jariyah yang tidak putus putus ganjaran pahalanya akan membuat kita menjadi kaya amal sholeh selamanya, baik saat masih hidup maupun setelah meninggal dunia.  Yuk segera hubungi agen asuransi sunlife. Mari kita manfaatkan fitur wakaf di produk asuransi jiwa syariah sunlife.

24 Cosmic Shell Starwars and How To Get It

 

Luke Skywalker,  Dart Vader,  Putri Lea, Han Solo,  Yoda, Obi Wan Kenobi,  Droid R250,  bagi penggemar Starwars nama tersebut pasti nggak asing lagi. Starwars menjadi sebuah kisah lintas generasi, dari zaman Bapak saya dulu hingga anak anak di masa sekarang semua mengenal starwars. Sebagai penggemar starwars pasti tertarik dong mengoleksi dan mengumpulkan pernak perniknya. Kabar gembiranya,  cosmic shell starwars kini hadir di Hypermart.  Mau 24 cosmic shell starwars?  Yuk simak info dan caranya di ceritaku kali ini.

Hari sabtu sepekan yang lalu 19 November 2016,  saya dan teman teman dari blogger crony menghadiri Launching #hypermartstarwars yang di awali di Hypermart Karawaci. Hypermart merupakan pusat perbelanjaan keluarga seketika berubah seperti di lokasi syuting film starwars, banyak poster dan patung Dart Vader di penjuru Hypermart. Gapura dengan tulisan dan gambar starwars juga menghiasi pintu masuk dan pintu keluar, selain itu banyak logo dan gambar tokoh starwars yang bertebaran di lantai. Panitia, juga anak anak yang ikut lomba mewarnai semua pakai kaos Starwars. Pokoknya Starwars abis deh. Nah launching ini merupakan salah satu program seru untuk para penggemar Starwars di Indonesia, acara yang dimulai sejak 17 November 2016 hingga tanggal 11 Januari 2017, sekalian untuk menyambut penayangan film starwars terbaru “Rogue One a Starwars Story” di bioskop Desember nanti.

Acara Launching ini terdiri dari beberapa kegiatan menarik. Yang tujuannya memang mengumpulkan para keluarga pecinta starwars, selain ada penampilan dari Fight Saber Indonesia,  berupa tarian dengan pedang ligth saber khas starwars yang menampilkan 8 cos play karakter tokoh starwars. Juga diadakan lomba mewarnai tingkat TK dan SD dengan hadiah yang menarik. Di Siang harinya ada sesi foto bersama Darth Vader Loh. Khusus para pecinta Starwars, kamu pastinya ga mau ketinggalan memiliki koleksi cosmic shell dan albumnya kan?

Continue reading

Bursa Sajadah SKV Group Bersyukur dengan Berbagi

Saya dulu yatim, Ibu saya Janda dengan 5 orang anak yang masih kecil.  Dulu kami hidup prihatin. Telur ayam pun makanan mewah bagi kami.  Saya harus berjualan sambil sekolah, tiap hari membawa keranjang berisi kue yang dibuat Ibu, untuk saya jual di sekolah. Alhamdulillah walau sibuk berjualan, nilai akademis saya selalu bagus.  Saya berjualan di kelas dan isi tas saya semuanya dagangan,  namun saya tetap ranking kelas. Bahkan beberapa kali ranking 1. Karena itulah saya pun bisa masuk di Universitas Sriwijaya GRATIS dengan beasiswa. Perasaan senasib inilah yang membuat saya selalu terharu bila mengunjungi Panti Asuhan, tambah terharu ketika menyaksikan masih banyak orang yang peduli kepada anak anak tak beribu dan berayah ini.  Anak yatim piatu,  tidak perlu barang mewah, cukuplah makanan sehat,  pendidikan dan kasih sayang dapat membahagiakan mereka. 

Siang itu Jumat 18 November 2016, cuaca yang sedikit hujan tidak menghalangi saya memenuhi undangan Bursa Sajadah – anak perusahaan SKV Group, untuk menyaksikan acara santunan ke Panti Asuhan Muslimin Jaya di Manggarai Jakarta Selatan.  Acara ini dalam rangka syukuran hari lahir founder sekaligus owner SKV group yakni Bapak H. Syahir Karim Vasandani yang ke 67 tahun. Melalui program CSR bertema #SKVBerbagi. 

Tentang Bursa Sejadah

Continue reading

DAPUR HANA Wisata Kuliner Ala Bangka 

Siapa sih yang tidak kenal Bangka,  Pulau dengan wisata air yang tidak kalah indah dari Bali.  Bangka dan Belitung adalah provinsi yang berbentuk pulau pulau kecil.  Bangka Belitung selain dikenal sebagai destinasi liburan seru.  Juga memiliki beragam kuliner lezat,  seperti martabak,  otak otak,   mie ayam.   Nah ternyata masih banyak lagi makanan menarik dari bangka loh.  Beberapa diantaranya saya temui di Dapur Hana, Pujasera Jakul yang terletak di pertigaan perumahan Tytian Kencana belakang Summarecon Mall Bekasi. Apa saja menu khas Bangka yang disediakan disana. Yuk simak menu menu lezat berikut ini.

1. PANTIAW Kuah Ikan

Pantiaw adalah sejenis mie kenyal yang terbuat dari tepung beras.  Direbus dan disajikan dengan kuah ikan yang gurih dan manis.  Disantap biasanya dengan sambal cabai dan kucuran jeruk cuwi. Segar sekali,  satu porsi di banderol 15.000 rupiah saja

2. Selada Lontong Kuah Soto

Makanan ini menurutku unik banget,  sayuran,  mie,  potongan lontong,  dan tahu yang disiram kuah kacang diatasnya tapi ada guyuran kuah soto lengkap dengan dagingnya.  aku pikir rasanya akan aneh.  Eh tetapi ternyata rasanya enak sekali.  Perpaduan kuah kacang dan kuah sotonya pas banget.  Satu porsi ini udah cukup kenyang dan bergizi. Dibanderol Rp 15.000 per porsi.

3. Salada Pempek

Masih satu rumpun dengan salada lontong,  hanya bedanya salada ini dilengkapi potongan pempek goreng dan diguyur kuah cuko.  Di dapur Hana, makanan ini dijual seharga 15.000 rupiah per porsi.

4. Bakwan

Bakwan dari Bangka,  sangat berbeda ekspektasinya dengan bakwan yang selama ini kita kenal.  kalau sebagian mengenal bakwan itu sejenis gorengan,  bakwan di pulau Bangka adalah makanan semi basah,  berupa irisan pempek lenjeran yang diberi kuah tumisan gurih,  manis dan sedikit rasa dan aroma terasi.  sepintas mirip tekwan dari Palembang.  Cukup dengan 13.000 rupiah saja,  sepiring bakwan bisa kamu nikmati.

Selain ke 4 menu tersebut,  kamu bisa juga coba otak otak bangka dengan kuah cuka merah 2500/pcs dan mie kuah ikan yang mirip menu pantiaw kuah ikan seharga 15000/pcs.  Kebetulan saat kami berkunjung,  2 menu ini sudah habis.

Dapur Hana buka dari pukul 12.00- sampai pukul 19.00 setiap harinya. Ayoooo warga Bekasi kapan lagi mencicipi kuliner Bangka yang autentik dengan rasa nikmat namun nyaman di kantong.